Kamis, 11 Agustus 2011

Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar

BAB V
PENUTUP

Dalam bab ini akan di uraikan beberapa kesimpulan penelitian dan saran-saran sebagai berikut :
A.     Kesimpulan
1.      berdasarkan hasil kesimpulan ini, dapat di simpulkan bahwa menolak hipotesis NOL (HO) dan menerima hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh bimbingan belajar dalam perkembangan belajar membaca bahasa indonesia, artinya ada pengaruh pemberian layanan bimbingan belajar membaca mata pelajaran Bahasa Indonesia. Siswa yang duduk di kelas III dan IV SDN 40 Kota Bima tahun pelajaran 2010/ 2011 terhadap prestasi belajarnya. Hal ini di buktikan bahwa baik pada taraf signifikan 1% dan 5% nilai t dalam tabel sebagai batas penolakan hipotesis Nol taraf 5% = 2,00 sedangkan nilai t hasil penelitian 6,18 dan taraf signifikan  1% r x 4 = 6,18 dan t tabel = 2,00 ini berarti untuk taraf signifikan 5% maupun taraf signifikan 1% terdapat korelasi positif antara sebelum pemberian bimbingan belajar dengan setelah pemberian bimbingan belajar. Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa SDN 40 Kota Bima, seperti faktor latar belakang pendidikan, usia, lingkungan dan lain-lain, dan bila  siswa diberi bimbingan belajar prestasi mereka akan lebih baik.
B.     Saran
beberapa saran yang dapat disampaikan berjaitan dengan penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Hasil temuan penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pemberian bimbingan belajar terhadap prestasi belajar membaca mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa yang duduk dikelas III dan IV pada SDN 40 Kota Bima. Untuk itu sebaiknya guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat memberikan Bimbingan belajarterhadap mata pelajaran yang dibinanya, agar meningkatkan prestasi siswa.
2.      Walaupun siswa tidak bisa membaca apabila diberi bimbingan maka –prestasi mereka tidak terlalu jelek dari siswa yang  bisa membaca, penerimaan siswa baru sebaiknya melalui proses seleksi berdasarkan usia sekolah, mengenal huruf, mengenal angka, dan mengenal warna.

0 komentar:

Posting Komentar

kritik dan saran yang membangun sangat di harapkan untuk kemajuan penulis..