Minggu, 10 April 2011

Memahami Orang dan Kodat Manusia

Langkah pertama untuk meningkatkan keterampilan anda dalam berhubungan dengan orang adalah memahami orang dan kodrat manusia dengan tepat.
Bila anda mempunyai pemahaman yang tepat mengenai orang dan kodrat manusia, bila anda tahu mengapa orang melakukan hal-hal yang mereka lakukan, bila anda tahu mengapa dan bagai mana orang akan bereaksi di bawah kondisi tertentu, maka anda dapat menjadi pemimpin yang terampil.


Memahami orang dan kodrat manusia hanyalah soal mengenali dan mengakui orang sebagaimana mereka adanya, bukan apa yang anda pikirkan tentang mereka, dan bukan anda mengiginkan mereka menjadi apa.


ORANG TERUTAMA AKAN TERTARIK PADA
DIRI MEREKA SENDIRI, BUKAN ANDA !


Dengan kata lain, orang lain itu sepuluh ribu kali lebih tertarik pada dirinya sendiri dari pada tertarik pada anda.


Dan sebaliknya, anda lebih tertarik pada diri anda sendiri dari pada anda tertarik pada orang lainmanapun di dunia ini. Perlu di ingat bahwa tindakan manusia di atur oleh pikiranya sendiri, kepentingan dirinya, sifat ini sangan kuat dalam diri manusia sehingga pikiran yang menonjol dalam kasih syang adalah kepuasan atau kenikmatan yang diperoleh si pemberi dengan memberi, bukan dengan menerima.


Anda tidak perlu meminta maaf atau menjadi malu karene mengetahui bahwa kodrat manusia adalah mementingkan dirinya sendiri. Sejak awal memang demikian dan akan tetap demikian sampai akhir jaman karena manusia di tempatkan di bumi dengan kodrat itu. Kita semua serupa dalam hal ini.


Jadi sesungguhnya ini adalah kunci kehidupan bagi anda untuk menyadari bahwa orang terutama tertarik pada diri mereka sendiri dan bukan pada anda.


Sumber :
Giblin les : 2001. Skill With People, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

0 komentar:

Posting Komentar

kritik dan saran yang membangun sangat di harapkan untuk kemajuan penulis..